iPhone 5 tersedia versi CDMA ?


Apple akhirnya mengeluarkan versi terbaru dari smartphone asuhannya yaitu, iPhone 5. Apalagi, kini iPhone 5 juga hadir dalam versi iPhone 5 CDMA. Jadi, selain GSM. iPhone jgua dapat mendukung jaringan LTE, HSPA+ dan juga DC-HSPA.

iPhone 5 versi CDMA merupakan model dari A1429 yang masih berjalan pada pita frekuensi berbeda-beda untuk berbagai operator.

Berdasarkan spesifikasi yang diberikan oleh Apple, A1428 akan dijalankan oleh operator AT&T dan operator Kanada. Sedangkan model A1429 akan dijalankan oleh operator Sprint dan Verizon di AS dan KDDI di Jepang.

Adapun model GSM A1429 mendukung LTE pada pita 1, 3, dan 5 dan kemungkinan akan ditawarkan di pasar global. Negara itu mencakup seperti Inggris, Jerman, Australia, Korea, dan Jepang.

Terakhir kali Apple harus membagi iPhone menjadi dua model terpisah adalah saat versi CDMA dari iPhone 4 pertama kali diumumkan, Februari 2011. Seperti disebutkan, iPhone 4S menggunakan chip baseband yang mampu mendukung CDMA GSM radio dalam satu unit.

Pemisahan dua jaringan dalam iPhone 5 bukan sebagai kejutan besar. Sebab, Apple telah merilis versi terpisah dari iPad baru dengan dukungan LTE untuk AT&T dan Verizon.

Meski memberikan pilihan yang lebih baik, tapi untuk melakukan perpindahan jaringan dalam iPhone 5 dari satu operator ke operator lain tidaklah mudah. Model A1428 untuk AT&T tidak akan bekerja pada jaringan Verizon atau Sprint. Sedangkan A1429 tidak akan kompatibel dengan AT&T.

Via : vivanews.com